Meningkatkan Upload Maksimum | file konfigurasi php.ini

Written By Muhtar Ridhowi on Senin, 20 Februari 2012 | 06.26

Settingan default upload maksimum di kebanyakan web server memang cuma 2MB , tapi itu sudah lebih cukup jika hanya untuk upload file2 kecil di bawah 2MB kapasitasnya . tapi akan lain jika anda akan melakukan upload sebuah file yg besarnya diatas 2MB . Tidak efisien kan jika kita harus meng-Upload nya secara bertahap , selain memakan waktu juga harus memisah-misahkan menjadi bagian2 kecil aga bisa di upload .
Disini kita akan berbicara sedikit tentang file konfigurasi php.ini sebelum masuk ke pokok pembahasan . mungkin kebanyakan pemula dalam php seperti saya ini belum tahu tentang kegunaan atau apa sih php.ini , php.ini adalah sebuah file konfigurasi php . File inilah yang mengatur bagaimana php mengeksekusi code code php . untuk mempelajari tentang file ini sebaiknya cari sumber yg lebih lengkap di google atau wikipedia .


Oke saatnya masuk ke pokok pembahasan
jika anda menginstall web server anda pada laptop atau komputer sendiri masuklah ke directory anda menginstall webserver anda (disini saya menggunakan xampp) 
dan masuk ke subdir php setelah itu cari file php.ini . ( C:/xampp/php/php.ini-development)
lihat gambar untuk lebih jelasnya : file yg dilingkari merah adalah file.ini
lingkaran merah adalah file php.ini
jika sudah ketemu buka melalui notepad atau notepad++
semua konfigurasi untuk menjalankan coding-coding php ada disini seperti jika anda ingin membuat open tag hanya berfungsi 1 misal anda hanya memilih short_open_tag <?.....?> ini saja yg berfungsi anda bisa mengaturnya disini . dan lain2 tinggal anda mempelajari apa yg ada di dalam file php.ini .
jika sudah dibuka cari tulisan seperti ini upload_max_filesize = 2M jika sudah ketemu ganti 2M menjadi seberapa perlunya anda akan membatasi maksimum file upload , misal anda ingin membatasinya dengan 10MB jadi ganti angka 2 tadi dengan angka 10M selesai tinggal save aja . simple kan gampangkan ??
 lihat gambar dile upload_max_filesize = 2M : 
lingkaran merah menunjukan letak upload_max_filesize = 2M
 jika anda menggunakan  wordpress ada sedikit tips agar anda bisa mengganti default setting maksimum uploadnya . 
caranya gampang buat file php.ini melalui text editor seperti notepad ketikan upload_max_filesize = 10M seperti konfigurasi yg kita bahas diatas untuk membatasi maksimum upload nya , lalu save namai dengan php.ini sertakan pada direktori tempat anda akan mengupload file tersebut di hosting anda misal di /wp-admin . jika sudah refresh halaman wordpress tempat anda akan mengupload file tersebut insya Alloh berhasil :)

demikian tutorial ini . saya hanya pemula dan masih banyak yg perlu diperbaiki , jika ada yg salah moho dikoreksi :)

1 komentar:

Enka Wardana mengatakan...

kok masih belum berhasil yah gan? padahal sudah diganti seperti di atas?

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...