Cara Menyimpan Halaman Web Atau Blog Ke Dalam Bentuk PDF file

Written By Unknown on Sabtu, 25 Februari 2012 | 00.48

Dalam Tutorial Kali ini saya akan memberikan beberapa trik yg cukup bermanfaat untuk keefisien menyimpan sebuah artikel penting yang kita temukan di halaman2 web atau blog tertentu yg sesuai dengan apa yg kita cari . Mencari artikel di internet tidak dapat dipungkiri sangat membantu dalam segala hal , termasuk saya sebagai mahasiswa jika akan mengerjakan sebuah tugas dari dosen saya mencari referensi tugas juga di berbagai sumber yg berasal dari website2 yang banyak bertebaran di internet , namun dengan waktu yg sedikit untuk berselancar di dunia maya (ongkos Warnet Mahal ) dan hal2 lain yg tidak bisa membuat kita lama2 berinternet ria , tidak mungkin saya atau anda2 untuk membaca secara langsung dalam website tersebut secara utuh artikelnya . Biasanya kita menyimpan artikel yg kita butuhkan di web/blog seseorang dengan mengcopy dan memindahkan nya ke Word Document (MS WORD, DLL) atau dengan menyimpannya dalam bentuk save page as , dalam hal itu menurut saya sungguh tidak efisien karena selain harus mengatur nya supaya format tidak berantakan ( untuk mengcopy dalam bentuk MS WORD ) juga bisa menimbulkan virus menghampiri flashdisk atau komputer kita jika kita menyimpannya dalam bentuk save page as ( Biasanya Virus Shortcut ) . Disini Kita akan memanfaatkan sebuah website yg menyediakan layanan yg bisa mengkonvert halaman web atau blog ke dalam bentuk PDF file .
oke langsung saja . Kita akan memanfaatkan http://joliprint.com/ untuk bisa membantu kita mengkonvert halaman web/blog menjadi PDF file .
Langkah pertama Buka http://joliprint.com/ disana anda tampilan sebagai berikut :
interface di joliprint.com
langkah kedua : Pastekan URL web atau Blog yg ingin anda jadikan dalam bentuk PDF file kedalam kolom inputan di http://joliprint.com seperti pada gambar di atas saya mengambil contoh postingan dari saya yg berjudul Mengirim Email Dengan PHP di Localhost melalui XAMPP  untuk saya jadikan PDF .

jika sudah Langkah Ketiga : Klik Tombol

Tunggu Hingga Proses selesai disana ntar akan muncul  jendela POP UP yang akan memerikan anda pilihan yaitu Download jika anda ingin menyimpannya dan anda akan membacanya lain waktu opsi download merupakan pilihan yg tepat .
anda juga bisa menyimpannya di akun Google Documents anda .

Setelah Menentukan Pilihan , Seumpama anda mengininkan untuk mendownloadnya , silahkan klik aja tombol download . selesai artikel yg semula di halaman web/blog sekarang sudah menjadi PDF dan bisa anda baca kapanpun tanpa harus membuka internet .
untuk tampilannya seperti ini :
pop up untuk opsi pilihan penyimpanan di joliprint
Untuk tampilan Artikel yg saya contohkan di halaman web saya yg kita konvert sebagai PDF file tadi bisa dilihat pada gambar di bawah ini :
tampilan saat sudah menjadi PDF
Demikian Tutorial kali ini semoga bisa bermanfaat bagi anda :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...